Rate this post

Tips merawat AC rumah berikut ini sangat penting untuk Anda terapkan di rumah, silahkan di baca lalu di praktekan ya. Produk elektronik yang berfungsi sebagai pendingin ruangan ini, kini merupakan salah satu peralatan yang wajib ada, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Pemanasan global membuat suhu udara meningkat, sehingga ruangan terasa lebih panas. Pendingin ruangan ini umumnya dipasang di ruang-ruang kantor, toko, dan di beberapa ruangan yang ada di rumah.

kunjungi juga artikel menarik tentang Service AC Bandung

Tips Merawat AC Rumah Supaya Tidak Cepat Rusak

Pernahkah Anda mendapati situasi ruangan yang tetap terasa panas walau AC telah dinyalakan sampai dengan suhu terendah? Jika iya, maka salah satu penyebabnya adalah karena pendingin ruangan tidak terawat dengan baik. Sehingga performanya menurun dan tidak bekerja secara optimal.

Akibatnya, ruangan tidak akan terasa sejuk, walau suhu AC disetel di angka terendah. Sebenarnya, apa yang harus dilakukan untuk merawat AC dengan baik dan benar? Berikut langkah-langkah melakukan perawatan AC di rumah yang bisa Anda coba.

Rutin Membersihkan Filter AC

Jika Anda merasa udara yang keluar dari AC tidak sedingin biasanya, bisa jadi itu pertanda AC di rumah Anda kotor. Hal ini biasanya disebabkan oleh masalah pada filter AC yang kotor.

Rutin membersihkan bagian filter pada AC, menjadi satu dari sekian tips merawat AC rumah.  Kegiatan ini juga menjadi tips dan cara perawatan AC mobil agar performanya tidak menurun.

Caranya hanya perlu membuka bagian filter pada AC. Jangan khawatir, filter AC merupakan bagian yang dirancang agar mudah dilepas dan dipasang. Kemudian cuci bersih dengan air bersih dan bersihkan perlahan menggunakan sikat gigi bekas.

Namun jika filter sudah terlalu kotor, sebaiknya filter diganti dengan yang baru, yang tentunya sesuai dengan model AC di rumah Anda.

Lakukan Perawatan Secara Rutin

Tips merawat AC rumah selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan yang terjadwal dan secara rutin. AC yang dalam kondisi baik dari waktu ke waktu membutuhkan perawatan secara rutin. Anda tidak bisa memperhatikannya hanya ketika perangkat ini memiliki masalah.

Sebenarnya, perawatan dan pemeliharaan AC ini lebih efektif bila dilakukan oleh ahlinya. Anda bisa menghubungi jasa perawatan AC tidak hanya untuk masalah filter tapi juga untuk perawatan dan pembersihan AC. Meskipun Anda memiliki AC split di rumah, bagian indoor dan outdoor juga perlu dibersihkan.

Lakukan Pemeriksaan Mesin Secara Berkala

Tips merawat AC rumah berikut ini tidak boleh Anda tinggalkan Apalagi, jika ingin AC selalu terasa sejuk dan tahan lama. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak peralatan elektronik yang digunakan, maka kinerja mesin akan semakin aus, tidak terkecuali AC.

Jadi biasakan perawatan dilakukan oleh profesional, untuk bisa mendapatkan pemeriksaan secara berkala. Pemeriksaan oleh ahli dalam hal ini, sangat berefek pada kemungkinan adanya kondisi yang dicurigai akan menimbulkan masalah tersendiri. Pastikan hal ini dapat ditanggulangi sedini mungkin, ya!

Gunakan Timer

Menyalakan AC seharian dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkannya. Selain karena membuat kinerja AC berkurang, menyalakannya secara nonstop setiap hari nyatanya juga dapat menambah beban tagihan listrik Anda.

Tips merawat AC rumah terbaik yang bisa Anda terapkan adalah, dengan menyetel timer waktu sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga dapat mengantisipasi saat Anda lupa untuk mematikannya kembali.

Selain AC Rumah, Begini Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

cara perawatan ac mobil

kunjungi juga artikel mengenai pasang AC Bandung

Sama halnya dengan perawatan AC rumah, pendingin mobil juga perlu mendapatkan perhatian secara khusus. Karena jika tidak, kinerjanya pun akan semakin berkurang, sehingga akan sangat merepotkan saat Anda berada di dalam mobil atau menempuh perjalanan terlalu lama.

Terdapat berbagai tips merawat AC mobil yang dapat Anda terapkan untuk kendaraan kesayangan. Pertama, pastikan kondisi kabin mobil selalu bersih. Debu yang bertumpuk pada bagian ini akan mempengaruhi kinerja AC bahkan membuatnya tidak terasa dingin lagi. Selain itu, kabin yang kotor dan terlalu banyak debu juga mengakibatkan udara yang ada di dalam mobil menjadi tidak sehat, serta tidak fresh.

Melakukan servis berkala juga sangat penting, agar Anda mengetahui cara merawat kompresor AC mobil dengan baik. Pastikan proses servis ini tidak terlewatkan setiap waktunya, karena akan mengganggu kinerja AC ketika timbul berbagai kendala serius tanpa kita sadari.

Kesimpulan

Tips merawat AC rumah dan mobil memang sangat penting untuk Anda lakukan. Pasalnya, jika peralatan elektronik satu ini tidak mendapatkan perhatian khusus, lama kelamaan akan mengganggu kinerjanya, bahkan membuatnya tidak lagi bekerja dengan baik. Masalah ini tentu akan sangat mengganggu, bukan?

Melakukan serangkaian cara dan tips merawat AC di atas, dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada AC dalam waktu yang singkat. Sehingga, alat pendingin ruangan di rumah Anda tetap awet dan kualitasnya pun tetap sama seperti sebelumnya.