Rate this post

Tips memilih mesin jahit banyak dicari bagi yang belum pernah memilikinya sebelumnya. Termasuk Anda yang masih pemula dalam dunia menjahit ini, spesifikasi diperlukan pada mesinnya kemungkinan besar belum diketahui.

Apalagi ada banyak merek hingga jenis mesinnya seperti portable, industri, hingga klasik ditemukan di pasaran. Bahkan jenis portable akan dibagi lagi jenisnya jadi semi portable, portable, hingga portable heavy duty.

Tidak heran apabila pemula kebingungan ketika memilih yang sesuai. Pada artikel kali ini, akan Kami berikan beberapa tips untuk memilih mesin berkualitas. Mulai dengan pertimbangan tujuan sampai mereknya.

Kunjungi juga: servis mesin jahit bandung

tips memilih mesin jahit untuk pemula

Pertimbangkan Tujuan Hingga Merek, Ini Tips Memilih Mesin Jahit Sesuai Kebutuhan Pemula

Pemilihan mesin untuk menjahit tentu berdasarkan beberapa pertimbangan. Diantaranya sesuaikan dengan tujuannya, anggaran, kemudahan service, hingga mereknya. Berikut adalah detail tips memilih mesin jahit untuk pemula.

  1. Pertimbangkan Tujuan dan Kebutuhan

Pertama lihat tujuan berikut kebutuhan Anda, apakah hanya untuk menyalurkan hobi atau serius untuk membuka usaha. Apabila hanya hobi, disarankan membeli jenis portable saja supaya praktis.

Kunjungi juga: jasa sedot wc bandung

Portable machine ini tidak memakan tempat, sekaligus punya banyak fitur. Mulai dari menjahit zigzag, lurus, pasang kancing, semi obras, dan sebagainya. Kekurangannya karena terbuat dari plastik, sehingga cenderung tidak awet.

Ketika ingin berbisnis, tips memilih mesin jahit sebaiknya pilih yang untuk industri. Mengingat berbadan metal, sehingga lebih berat dan awet. Hanya saja setiap mesinnya punya hanya memiliki satu fungsi khusus.

  1. Sesuaikan Anggaran (Budget)

Pertimbangan berikutnya adalah dari segi budget atau anggarannya. Tentunya untuk penggunaan industri, harganya lebih mahal dibandingkan portable. Namun pada jenis portable, apalagi mini, bisa didapatkan dengan harga ratusan ribu rupiah.

Tentunya cara memilih mesin jahit juga tidak selalu yang baru ya! Menyesuaikan kebutuhan, Anda bisa beli bekas pakai. Asalkan semua fungsinya masih berfungsi baik dan kondisinya bagus.

  1. Kemudahan Membeli Spare Part dan Service

Bukan tidak mungkin mesinnya rusak atau bermasalah, sehingga perlu perbaikan atau pergantian spare part. Maka tips memilih mesin jahit berikutnya adalah pilihlah merek yang mudah ditemukan service center.

Lebih baik apabila dekat dengan domisili, sehingga tidak jauh dan mahal ongkosnya saat harus membawanya untuk perbaikan. Kurang disarankan membeli merek dengan spare part sulit ditemukan, karena mempersulit ketika diperlukan.

  1. Lihat Bahan yang Akan Dijahit

Cara memilih mesin jahit untuk pemula berikutnya adalah pertimbangkan bahan yang akan dijahit. Mengingat ketika memilih portable, mesinnya lebih cocok untuk menjahit bahan tipis hingga sedang.

Kalau ingin menjahit bahan tebak seperti kanvas atau kulit, tentunya jenis industri lebih disarankan. Kalau dipaksakan memakai portable, maka mesinnya juga lebih cepat rusak, sehingga kurang disarankan.

  1. Pertimbangkan Daya Listrik

Tips memilih mesin jahit selanjutnya adalah lihat daya listrik pada lokasi. Pertimbangkan kalau jenis industri perlu kisaran 250 watt karena memakai dynamo. Sedangkan portable konsumsi listriknya kisaran 70 watt.

Selain mempertimbangkan apakah daya listrik mampu atau tidak, perkirakan berapa biaya listrik perlu dikeluarkan. Ketika pakai industri dengan intensitas waktu sama, sudah pasti menghabiskan biaya listrik lebih tinggi.

  1. Pertimbangkan Merek

Tips memilih mesin jahit lainnya adalah pertimbangkan dari mereknya, Tentu lebih disarankan merek yang banyak beredar. Selain teknisi lebih familiar ketika perbaikan, spare part juga mudah ditemukan.

Contohnya ada merek Singer, Brother, Juki, Butterfly, Jaguar, Messina, dan banyak lainnya. Cara memilih mesin jahit dari mereknya tinggal pertimbangan budget, keperluan, hingga kemudahan cari spare part.

Dapat disimpulkan tips memilih mesin jahit memang perlu pertimbangkan beberapa hal. Mulai dari pertimbangan tujuan dan kebutuhan, anggaran, hingga kemudahan service serta dapatkan spare part.

Tidak lupa cara memilih mesin jahit untuk pemula adalah dari bahan yang akan dijahit, daya listrik, serta mereknya. Supaya mempermudah pemilihan, Anda bisa coba cara lainnya.

Salah satunya adalah coba datangi penjahit terdekat. Anda bisa melihat mesinnya mereka untuk bahan pertimbangan juga. Tanyakan kelebihan kekurangan, berikut saran atau pendapat mengenai mesin dengan model bagus.

Nantinya ketika sudah menemukan yang sesuai keinginan dan anggaran, tinggal pertimbangkan beli dimana. Tips memilih mesin jahit terakhir adalah bisa beli online atau langsung dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau.