Rate this post

Memiliki rumah dengan udara yang sejuk tentu membuat penghuninya menjadi nyaman selama berada di rumah. Maka dari itu, Anda perlu memiliki pendingin ruangan seperti AC untuk mengusir udara panas di dalam rumah. Namun, sebelum membelinya, pastikan untuk memperhatikan beberapa tips membeli AC berikut ini.

Tips Membeli AC Hemat ListrikĀ 

Sebagai alat elektronik yang digunakan dalam waktu lama, bahkan Anda bisa menyalakan AC seharian saat berada di rumah, tentu saat membeli AC, Anda perlu memperhatikan konsumsi daya listriknya. Jangan sampai membeli AC yang boros listrik dan berakibat pada naiknya biaya pengeluaran rumah tangga.

Kunjungi juga: jasa service ac bandung

Bagi Anda yang ingin membeli AC baik yang baru maupun bekas, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. Tentukan anggaran

Saat akan membeli AC, pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup untuk mendapatkan AC dengan kualitas yang baik. Anda perlu menentukan terlebih dahulu berapa anggaran yang akan Anda keluarkan untuk membeli AC, sehingga kriteria AC selanjutnya bisa menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

  1. Sesuaikan PK dengan luas ruangan

Tips membeli AC berikutnya adalah sesuaikan PK dari AC yang dibeli dengan luas ruangan yang akan dipasangi AC. Semakin luas ruangannya, PK AC yang dibutuhkan juga semakin besar agar AC bisa bekerja secara efektif.

Kunjungi juga: jasa pemasangan ac bandung

  1. Pilih tipe AC

Selanjutnya tips membeli AC bekas maupun baru yang perlu diperhatikan adalah tipe AC yang dipilih apakah inverter atau non inverter. Sebaiknya Anda memilih AC inverter saja, karena meskipun saat dinyalakan memerlukan daya listrik yang besar, akan tetapi setelah ruangan dingin, konsumsi daya listriknya semakin menurun. Cocok sekali untuk Anda yang menyalakan AC lebih dari 6 jam.

  1. Perhatikan tingkat kebisingan AC

Tips memilih AC untuk kamar tidur yang tepat adalah dengan memperhatikan tingkat kebisingannya. AC yang bagus suaranya tidak terlalu berisik, sedangkan AC standar memiliki suara yang bisa mengganggu waktu istirahat Anda.

  1. Perhatikan fitur yang tersedia

Tentunya setiap membeli alat elektronik yang perlu diperhatikan adalah fitur yang tersedia. Pastikan Anda memilih AC dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah 5 tips membeli AC yang tepat untuk Anda agar ruangan tetap dingin dan tetap hemat listrik.

Musim panas yang panas bisa menjadi waktu yang sangat tidak nyaman jika Anda tidak memiliki AC yang efisien di rumah atau kantor. Membeli AC bisa menjadi investasi yang cukup besar, oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan beberapa tips sebelum memutuskan untuk membeli AC baru. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam membeli AC yang tepat untuk kebutuhan Anda:

  1. Ukuran Ruangan Ukuran ruangan adalah faktor penting dalam membeli AC. AC yang terlalu kecil tidak akan cukup efisien dalam mendinginkan ruangan, sementara AC yang terlalu besar bisa memboroskan energi. Ukur luas ruangan yang ingin Anda pasangi AC dan konsultasikan dengan ahli untuk menentukan kapasitas AC yang sesuai.
  2. Efisiensi Energi Pilihlah AC yang memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi. AC dengan label energi seperti SEER (Seasonal Energy Efficiency Ratio) atau EER (Energy Efficiency Ratio) yang tinggi cenderung lebih hemat energi dan dapat menghemat biaya listrik dalam jangka panjang.
  3. Tipe AC Ada beberapa jenis AC yang tersedia di pasaran, antara lain AC window, AC split, dan AC portable. Pilihlah tipe AC yang sesuai dengan kebutuhan dan desain ruangan Anda. AC window cocok untuk ruangan kecil, AC split bisa dipasang di dinding atau langit-langit, sedangkan AC portable bisa dipindahkan ke berbagai ruangan.
  4. Fitur Tambahan Perhatikan fitur tambahan yang dimiliki oleh AC yang Anda pilih. Beberapa fitur yang bisa sangat berguna antara lain mode hemat energi, timer, pengaturan suhu otomatis, dan sistem filtrasi udara. Fitur-fitur ini dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi penggunaan AC.
  5. Merek dan Kualitas Pilihlah merek AC yang terkenal dan memiliki reputasi baik. Merek yang terkenal biasanya menawarkan kualitas yang lebih baik dan layanan purna jual yang memadai. Jangan hanya memilih AC berdasarkan harga murah, tetapi pertimbangkan juga kualitas dan daya tahan AC tersebut.
  6. Perawatan dan Biaya Operasional Periksa juga biaya perawatan dan operasional AC yang akan Anda beli. Beberapa AC memerlukan perawatan rutin seperti pembersihan filter udara atau pengisian refrigeran, yang dapat mempengaruhi biaya operasional dalam jangka panjang.
  7. Bandingkan Harga dan Baca Ulasan Lakukan penelitian dan bandingkan harga AC dari berbagai toko atau situs web. Bacalah ulasan pengguna sebelum memutuskan untuk membeli AC tertentu. Ulasan pengguna dapat memberikan informasi berharga tentang performa, keandalan, dan kepuasan pengguna terhadap AC tersebut.
  8. Garansi Pastikan AC yang Anda pilih dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau masalah teknis yang mungkin terjadi setelah pembelian. Baca dan pahami syarat dan ketentuan garansi sebelum membeli AC.