Rate this post

Tips AC hemat listrik penting diketahui bagi Anda yang menggunakan air conditioner di dalam rumah. Sebab AC merupakan salah satu jenis peralatan elektronik dengan konsumsi daya terbesar di iklim tropis.

Terlebih lagi cuaca panas di Indonesia membuat Anda ingin terus menggunakan AC. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan air conditioner secara terus-menerus mampu membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan penting untuk memahami cara hemat token listrik pakai AC. Tanpa disadari penggunaan air conditioner dengan benar juga mampu menghemat energi listrik yang digunakan.

Kunjungi juga: service AC Bandung

cara hemat token listrik pakai AC

Tips AC Hemat Listrik Agar Tidak Boros dan Tahan Lama

Air conditioner merupakan salah satu alat elektronik yang menyedot daya listrik cukup besar. Oleh sebab itu Anda tidak boleh memakainya dengan sembarangan.

Selain itu air conditioner yang digunakan secara sembarangan membuat kinerjanya menjadi lebih keras dan berakibat terhadap konsumsi daya membengkak. Sebagai solusinya Anda bisa mengaplikasikan tips AC hemat listrik untuk menekan biaya.

1.     Naikkan Suhu 1 Derajat Celcius untuk Menghemat Daya 10%

Tidak mengatur temperatur AC terlalu rendah merupakan cara menghemat biaya listrik yang bisa Anda lakukan. Suhu ruangan 25 – 28 derajat Celcius sudah cukup membuat orang merasa nyaman. Anda bisa mengatur temperatur AC dalam kisaran tersebut.

Jika temperatur disetel pada suhu yang terlalu rendah maka kompresor akan bekerja dengan daya tinggi. Seiring dengan berjalannya waktu hal ini akan membuat air conditioner menjadi lebih cepat rusak.

Bukan hanya itu saja meningkatkan suhu air conditioner 1 derajat bisa menghemat sekitar 7% – 10% daya. Menaikkan suhu bisa menjadi salah satu cara menghemat AC yang bisa Anda coba.

Kunjungi juga: Jasa pasang AC Bandung

2.     Matikan Sakelar Daya Air Conditioner

Mematikan sakelar daya peralatan elektronik ketika tidak digunakan juga menjadi salah satu cara untuk menghemat daya. Biasanya Sebagian besar orang akan menggunakan remote control untuk mematikan alat elektronik dalam keadaan standby.

Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah mematikan saklar daya jika ada tidak ingin membuang-buang daya. Tips AC hemat listrik ini mampu menyumbang 5 – 10% dari konsumsi listrik rumah tangga.

Langkah ini bisa Anda lakukan untuk menghemat tagihan listrik tanpa harus mengurangi suhu dalam ruangan. Ada baiknya luangkan beberapa detik untuk mematikan daya utama peralatan yang sedang tidak digunakan.

3.     Pemeliharaan Air Conditioner Secara Berkala

Melakukan pemeliharaan air conditioner secara berkala juga merupakan salah satu tips AC hemat listrik. Sebelum melakukan pemeliharaan Anda perlu mengatur AC ke dalam mode supply udara.

Selain itu jangan lupa nyalakan selama 4 jam agar bagian internal mengering. Hal ini bertujuan untuk memastikan kelancaran aliran udara ketika air conditioner dihidupkan. Pada sisi lain cara ini juga bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja AC.

4.     Hindari Menyalakan dan Mematikan AC Terlalu Sering

Tips AC hemat listrik selanjutnya adalah jangan terlalu sering mematikan dan menyalakan air conditioner. Beberapa orang sering mematikan air conditioner ketika suhu ruangan sudah mencapai derajat tertentu untuk menghemat daya listrik.

Namun ternyata sering mematikan dan menghidupkan AC berulang kali justru akan menambah pemakaian daya. Hal ini disebabkan karena beban kompresor menjadi lebih berat saat dinyalakan kembali.

Jadi Anda hanya perlu menaikkan suhu ketika merasa terlalu dingin. Jika akan meninggalkan ruangan lebih baik menaikkan suhunya daripada mematikannya untuk menghemat daya.

5.     Gunakan Air Conditioner Inverter

Jenis air conditioner semacam ini umumnya dibekali dengan teknologi inverter yang mampu menyesuaikan kebutuhan suhu ruangan. Penggunaan jenis inverter juga merupakan salah satu tips AC hemat listrik.

Jenis ini sangat cocok bagi Anda yang harus menghidupkan air conditioner sepanjang hari. Saat dinyalakan sistem inverter memang akan menyedot daya tinggi.

Namun setelah suhunya menyesuaikan kompresor inverter akan bekerja seminimal mungkin dan stabil. Air conditioner inverter dikhususkan bagi ruangan tertutup yang jarang dibuka tutup agar bisa menekan penggunaan berlebih.

Kunjungi juga: service AC mobil Bandung

6.     Aktifkan Blower

Pengaturan pada air conditioner umumnya juga dilengkapi dengan blower bawaan di bagian dalamnya. Anda bisa mendapatkan suhu ideal sembari mengaktifkan blower untuk menghemat biaya listrik.

Jika memanfaatkan setelan kipas pada air conditioner maka suhu ruangan akan tetap sejuk dan nyaman. Sebab mengaktifkan blower mampu membantu perputaran udara menjadi lebih cepat.

Cara menghemat listrik air conditioner memang mampu memaksimalkan sirkulasi udara di sekitar ruangan. Meski menerapkan tips AC hemat listrik namun pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi cukup agar angin alami bisa masuk dan membuat udara menjadi sejuk.