Rate this post

Cara merawat kompor berikut ini tentunya penting untuk Anda terapkan sehari-hari demi menjaga kompor agar tetap awet dan tahan lama. Kompor merupakan salah satu alat dapur yang memiliki peran penting. Alat satu ini mampu menghasilkan api yang kemudian bisa kita gunakan untuk memasak.

Seperti yang kita tahu, dalam kegiatan memasak maupun merebus air tentunya diperlukan api. Karena itulah kompor sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas memasak di dapur. Sebab dengan kompor kita tidak perlu susah-susah menyalakan api menggunakan kayu bakar.

Kita hanya perlu memasang tabung gas sebagai sumber nyala api pada kompor gas. Selain itu terdapat pula kompor listrik yang juga menggunakan sumber daya listrik. Untuk menyalakan apinya juga sangat mudah dan hanya memakan waktu hitungan detik saja.

Kunjungi juga: service pompa air Bandung

Cara Merawat Kompor Gas yang Bisa Anda Terapkan

Kompor tentunya juga memerlukan perawatan sehari-hari agar kondisinya tetap bagus. Apalagi kompor merupakan alat yang selalu kita gunakan setiap hari untuk memasak. Karena itu alat ini memerlukan perawatan agar tetap awet dan bisa kita gunakan secara maksimal.

Selain itu kompor juga sangat rentan terkena kotoran yang bisa mengganggu. Misalnya yaitu terkena tumpahan makanan ketika sedang memasak, bisa juga karena terkena minyak. Kotoran tersebut tentunya bisa merusak dan memperburuk kondisi kompor.

Akibatnya kompor menjadi lebih mudah rusak dan tampilannya pun jelek. Tentunya Anda tidak suka melihat tampilan kompor yang kotor saat memasak bukan? Karena kompor menjadi lebih mudah rusak, Anda pun harus menggantinya dengan lebih cepat.

Untuk mencegah hal tersebut, tentunya Anda harus menerapkan cara merawat kompor dengan benar. Tujuannya agar kompor bisa tetap awet dan bisa Anda gunakan selama bertahun-tahun. Selain itu juga untuk menjaga kinerjanya agar tetap bagus.

Lalu bagaimanakah perawatan kompor yang benar dan tepat? Berikut adalah beberapa cara merawatnya yang bisa Anda terapkan:

Bersihkan Dudukan Panci

Pertama Anda harus rutin membersihkan dudukan panci agar terbebas dari kotoran. Untuk membersihkannya Anda bisa mencoba merendam dudukan panci dengan campuran air panas dan sabun cuci piring selama 2 jam. Jika sudah maka sikat hingga kotorannya hilang lalu bilas dengan air bersih.

Bersihkan Ring Kompor Gas

Selanjutnya Anda bisa membersihkan ring kompor gas dengan cara yang sama seperti membersihkan dudukan panci. Caranya dengan merendam ring dalam air panas, sabun cuci piring dan asam sitrat selama 2 hingga 4 jam. Kemudian sikat menggunakan sikat gigi lalu bilas dan keringkan dengan lap.

Kunjungi juga: service water heater Bandung

Bersihkan Bodi Kompor

Membersihkan bodi kompor juga termasuk dalam cara merawat kompor tanam. Biasanya bodi kompor ini akan terbuat dari bahan stainless steel anti karat sehingga lebih mudah dirawat. Untuk membersihkannya Anda juga hanya memerlukan bahan-bahan sederhana.

Misalnya yaitu Anda bisa menggunakan kain lap untuk membersihkan permukaan kompor. Jika kotoran membandel Anda bisa menyemprotkan larutan air dan baking soda kemudian mengelapnya menggunakan kain. Jika kotoran tak kunjung hilang, Anda bisa menggunakan bahan lain.

Misalnya yaitu larutan lemon, sabun cuci piring, garam, ataupun cuka apel. Semprotkan larutan tersebut pada seluruh permukaan kompor dan tunggu selama beberapa saat. Jika sudah beberapa saat, lap hingga seluruh kotoran terangkat dan kompor kembali bersih.

cara merawat kompor listrik

Perhatikan Material Peralatan Memasak

Jika Anda menggunakan kompor listrik maka cara merawat kompor listrik tersebut yaitu dengan memperhatikan material alat memasak. Pastikan menggunakan alat masak yang terbuat dari aluminium, keramik, atau stainless steel. Tujuannya agar tidak merusak permukaan kompor listrik yang lebih mudah tergores.

Selain itu pastikan panci atau wajan juga bersih terutama pada bagian bawahnya. Jangan sampai bagian bawah terdapat kotoran sebab bisa meninggalkan jejak kotor permanen pada kompor listrik. Akibatnya tampilan kompor akan terlihat kurang bagus.

Ketika hendak meletakkan atau mengangkat alat masak, pastikan untuk tidak menyeretnya. Sebab bisa meninggalkan goresan pada permukaan kompor yang rata dan mengkilap. Selain itu jangan meletakkan alat masak yang terlalu keras agar tidak merusak kompor listrik.

Bersihkan Burner Kompor

Tips merawat kompor gas selanjutnya yaitu dengan membersihkan bagian burner kompor. Burner merupakan bagian inti di mana api kompor bisa keluar. Bagian satu ini juga penting untuk Anda bersihkan sebab berhubungan langsung dengan api.

Jika tidak Anda bersihkan maka kotoran akan menumpuk dan menghambat aliran api. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan sikat gigi kering hingga bersih. Dengan begitu maka burner akan bersih sehingga mampu mengalirkan api dengan lancar dan bagus.

Itulah beberapa cara merawat kompor gas, tanam, maupun listrik yang bisa Anda terapkan. Pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin agar kondisi kompor bisa tetap terjaga. Dengan begitu maka kompor akan tetap awet dan bisa bertahan lama.