Rate this post

Cara merawat AC mobil agar awet dan tahan lebih lama, serta selalu dingin wajib untuk Anda terapkan berikut detail penjelasannya. AC yang awet bisa menghemat biaya pengeluaran Anda, sekaligus tidak membuat Anda kerepotan.

AC merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin ruangan. Dalam peranannya, AC mobil nyatanya memiliki fungsi lain, yaitu mampu mendinginkan kabin mobil, serta menghilangkan embun kaca mobil saat hujan turun.

kunjungi juga: service AC mobil Bandung

Cara Merawat AC Mobil, Terapkan Tutorial Berikut

Untuk menjaga kinerja AC agar tetap stabil, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Apabila AC tidak dilakukan perawatan secara teratur, maka akan membuat kinerjanya semakin menurun. Hal ini, akan membuat pendingin mobil Anda rentan mengalami kerusakan.

Berikut ini tips dan cara merawat AC yang tepat, agar dapat bertahan lama, dengan kualitas mesin yang baik. Apa saja? Simak penjelasannya berikut.

Memastikan Kebersihan Kabin Mobil

Menjaga kebersihan bagian kabin mobil merupakan cara merawat AC mobil yang paling utama. Lalu, apa hubungannya dengan kinerja AC? Keadaan kabin yang terjaga kebersihannya  akan mengantisipasi timbulnya debu yang mengganggu kebersihan pada AC. Dampaknya, akan membuat AC menjadi tidak dingin, serta ruangan mobil akan jauh lebih tidak sehat karena sirkulasi udara yang kotor.

Hindari Merokok di Dalam Mobil

Salah satu tutorial cara merawat AC mobil yang baik adalah dengan tidak merokok sembarangan, apalagi saat berada di dalam mobil. Selain mengancam keselamatan, ada dampak-dampak asap rokok yang erat kaitannya dengan kinerja perangkat pendingin mobil Anda.

Saat AC sedang menyala, agar kinerjanya stabil, maka pastikan untuk tidak merokok. Bau asap rokok yang menyengat akan sangat sulit dihilangkan, setelah masuk dalam sirkulasi udara pada AC. Bau tidak sedap ini, selain membahayakan pernapasan, akan bercampur dan membuat para penumpang merasa tidak nyaman.

Permasalah lainnya yang menjadi dampak kerusakan AC oleh karena asap rokok ini, berdampak buruk pada kinerja pendinginan yang dilakukan. Sebab dari kejadian ini adalah karena asap rokok akan menempel dalam waktu yang lama pada bagian filter kabin.

kunjungi juga: service AC Bandung

Bersihkan Filter AC Secara Berkala

Perangkat pendingin elektronik ini memiliki penyaring udara atau filter yang berperan untuk proses pendinginan kabin mobil. Karena letaknya berada di dasbor dan cara pengambilan udara melalui sisi kaki penumpang depan, membuatnya akan mudah kotor dan tidak menghasilkan udara dengan baik.

Memastikan kebersihan merupakan cara perawatan AC mobil yang optimal, untuk membantu menjaga keawetannya. Jika Anda tidak dengan rutin mengecek kondisi tempat pengambilan udara ini, maka ada banyak kemungkinan yang justru dapat berdampak pada keadaan sirkulasi udara di dalam mobil. Anda tentu ingin merasakan berkendara dengan aman dan pastinya nyaman bukan?

Gunakan Pengharum Mobil Khusus

Cara merawat AC mobil yang wajib Anda terapkan, adalah dengan bantuan pengharum ruangan. Ada banyak jenis pengharum mobil yang bisa Anda temukan di toko-toko aksesoris mobil. Jenis pengharum ini memiliki aneka rasa, yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis keharuman favorit keluarga. Penggunaan pengharum mobil ini, tidak hanya bertujuan untuk membuat suasana mobil jauh lebih nyaman, namun juga dapat  membantu merawat keadaan AC.

Perlu diingat, pemilihan jenis pengharum ruangan yang tidak sesuai, ternyata akan membuat sirkulasi udara yang dihasilkan akan terganggu, dan membuat kinerja AC menjadi menurun. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih yang sesuai, ya!

cara perawatan ac mobil

kunjungi juga: perawatan AC Bandung

Lakukan Servis Secara Berkala

Cara merawat AC mobil agar tetap dingin yang paling utama harus Anda lakukan adalah melakukan servis sesuai jadwal setiap waktunya. Dengan demikian, Anda akan mengetahui gejala awal jika mobil berada pada kondisi yang belum maksimal.

Anda dapat bekerjasama dengan teknisi AC profesional, untuk mendapatkan solusi terbaik. Servis secara berkala ini juga sangat bermanfaat apalagi jika Anda tergolong sering melakukan perjalanan jauh. AC yang bekerja dengan baik, tentu akan memberikan sirkulasi udara terbaik bagi para penumpangnya. Selebihnya, akan menciptakan kenyamanan yang prima bagi seluruh penumpang di dalam mobil.

Jangan Membuka Jendela Saat AC Sedang Menyala

Tips merawat AC mobil yang satu ini seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Membuka jendela saat kondisi AC di dalam mobil tengah menyala, akan membuat kotoran maupun debu di jalanan masuk dan mengambang di langit-langit mobil, saat kaca kembali dibuka. Kondisi ini tentu akan memperburuk keadaan AC dan membuat kinerjanya semakin berat. Dampaknya, jika dilakukan secara terus-menerus, bisa membuat AC cepat rusak dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Jangan Matikan AC dalam Waktu yang Lama

Agar kinerja AC bekerja lebih lama, maka keawetannya pun cukup dipertanyakan. Namun sebaliknya, tidak menyalakan AC dalam waktu yang cukup lama juga bisa membuat kinerja AC semakin menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini disebabkan oleh kondisi selang belt yang akan cepat kering jika AC lama dibiarkan tidak menyala.

Itu tadi tutorial dan cara merawat AC mobil, sekaligus cara merawat kompresor mobil agar tetap terkondisi dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tanpa mengurangi performanya, AC harus dirawat dengan baik setiap saat. Pastikan juga berkonsultasi dengan tenaga ahlinya agar dapat diketahui kendala awal sebelum kerusakan semakin menyebar.